• Breaking News

    Kwarcab Subang gelar Pesta Siaga Tingkat Jawa Barat se-Purwasukasi




    Kwarcabsubang.or.id,
     Pj Bupati Subang, Dr. Drs. Imran, M.Si., MA.cd menghadiri pembukaan Pesta Siaga Tingkat Jawa Barat Wilayah II Purwasukasi Tahun 2024 yang bertempat di halaman Kantor Bupati Subang, Sabtu (27/7/2024) pagi.

    Laporan Ketua Kwarcab Subang disampaikan oleh Wakil Ketua Kwarcab Subang, Anno Suyatno, S.Pd., MM. mengungkapkan bahwa pesta siaga adalah kegiatan pertemuan antar Pramuka golongan siaga kegiatan tersebut menjadi salah satu kegiatan yang sangat menarik asyik dan juga penuh kegembiraan.

    “Dalam dunia pendidikan kepramukaan pesta siaga bisa menjadi sarana untuk belajar bermain saling mengenal dan berkompetisi antar sesama anggotanya,”ujar Anno.


    Anno menjelaskan tujuan kegiatan tersebut antara lain untuk membina mengembangkan sikap disiplin, teguh, mandiri, peduli, dan bertanggung jawab, meningkatkan pengetahuan, keterampilan, wawasan, kebangsaan, serta rasa persaudaraan dan persatuan.

    Ia menyatakan bahwa peserta pesta siaga ini diikuti oleh Pramuka Siaga utusan Kwartir Cabang Sewilayah II Jawa Barat dengan jumlah total peserta sebanyak 120 orang dan ditambah peserta khusus Kwarcab Subang sebanyak 600 orang yang merupakan utusan dari 30 Kwartir Ranting atau kecamatan yang ada di Kabupaten Subang

    Ketua Komisi Binawasa, Ka Dr. Hj. Sri Nurhayati, M.Si mewakili Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Jabar, mengawali sambutannya mengungkapkan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini di Kabupaten Subang.

    “Terima kasih sudah menjadi pribumi yang baik,”ujarnya.

    Ia pun berupaya bahwa kekompakan anatar peserta tampak dari semangat yang menggelora dari setiap peserta yang hadir.

    “Tampaknya semangat kalau dari tadi semuanya masih berseragam Pramuka karena mencintai bajunya, mencintai Pramuka, mencintai juga tanah air dan air,”ujarnya.

    Ia menyatakan bahwa peserta tampak antusias dan memberikan segala daya potensi ayang ada untuk ikut agenda ini.

    “Semua memperlihatkan ketangkasan, kepandaian, kecerdasan dan semangatnya,”terangnya.

    Pj Bupati Subang , Imran menjelaskan kepramukaan merupakan proses pendidikan di luar sekolah dan di luar lingkungan keluarga dalam membentuk kegiatan di alam terbuka yang menarik dan menantang dengan prinsip dasar dan metode kepramukaan untuk membentuk watak peserta didik sebagai sarana akhir.

    “Untuk itu kepramukaan diselenggarakan dalam berbagai bentuk kegiatan yang disesuaikan dengan titik berat pembinaan dan pengembangan,”ujarnya.

    Ia menekankan bahwa titik berat pembinaannya itulah yang akan membangun karater anak tumbuh sesuai perkembangan melalui berbagai kegiatan silaturahmi.

    “Maka nilai positif untuk terus dikembangkan terlebih kegiatan sambil membangun silaturahmi antar Kwartir di Jawa Barat,”ujarnya

    Ia berharap gerakan Pramuka khususnya di lingkungan Purwassukasi dan umumnya di Jawa Barat dapat terus berkontribusi pada pemerintah daerah melalui pendidikan.

    “Gerakan Pramuka untuk mencetak generasi muda yang berkarakter maju dan mandiri,”tegasnya.

    Ia meyakini gerakan pramuka menjadi instrumen pokok dalam mewujudkan karakter anak anak ssjak dini.

    “Kami berharap melalui gerakan Pramuka ini mampu membentuk remaja dan generasi anak bangsa yang kreatif dan mandiri diawali dari Pramuka Siaga atau bahkan pra siaga,”pungkasnya.

    Turut hadir dalam agenda tersebut Jajaran Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Barat, Unsur Forkompida selaku Para Wakil Ketua Mabicab Gerakan Pramuka Kabupaten Subang, Ketua beserta Pengurus Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Subang, Para Ketua Kwarcab Sewilayah II Purwasukasi (Purwakarta Karawang Subang Kabupaten Bekasi dan Kota Bekasi), Para Pembina Pendamping Undangan serta Nanda siaga Sewilayah II Purwasukasi.

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728
    INOVASI DAN TEKNOLOGI KWARCAB SUBANG
    ABDIMAS KOMINFO DIVITION